2008-10-21

World Silent Day untuk Bumi Kita

Sedikit berbeda dengan acara-acara sebelumnya yang dilakukan Kolaborasi Bali untuk Perubahan Iklim, kali ini kegiatan juga melibatkan siswa sekolah dasar. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2008 ini merupakan kegiatan antara dari WSD 2008 menuju WSD 2009, terutama ditujukan untuk menyebarluaskan informasi tentang berbagai kegiatan yang sudah dilakukan sejak Kolaborasi Bali terbentuk pada Agustus 2008, mengajak masyarakat mendukung dan melakukan WSD 2009 mulai dari keluarga, serta mempublikasikan website dengan tampilan baru.

WSD untuk Bumi Kita dimulai tepat pukul empat sore bersama siswa SD. Dimulai dengan memeriksa kelengkapan bagian tubuh siswa, menonton 'Ozzy Ozone', dan mendengarkan dongeng Pan Godogan. Karena matahari masih bersinar terang, gambar bergerak Ozzy dan teman-temannya terlihat tipis pada layar ... mungkin lain kali perlu ditonton ulang, untuk lebih mudah memahami nasib ozone bumi saat ini. Manusia diharapkan bisa berlaku lebih ramah terhadap alam untuk keberlangsungan di antaranya manusia itu sendiri. Kisah Pak Macan dan Sinchan yang didongengkan Pan Godogan juga memberikan pesan supaya manusia tidak bersikap serakah.


Pukul lima lebih 10 menit, acara untuk orang dewasa dibuka oleh Prami dan para undangan disambut oleh Pak Suar. Selanjutnya Lisa mempresentasikan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan, dilanjutkan pemberian penghargaan secara simbolik kepada mereka yang telah mendukung dan melaksanakan WSD. Kemudian Agung menginformasikan rencana Global Day of Action pada 6 Desember 2008 dan ajakan melakukan WSD 21 Maret 2009, ditutup dengan penyampaian Mas Ayip tentang website WSD dengan tampilan baru.


Tidak ada komentar: